Di saat bekerja, terkadang kita dihadapkan dengan suasana dan
situasi yang dapat memecahkan konsentrasi kita. Mulai dari dering
handphone, musik atau bahkan candaan rekan sekantor. Padahal ketika
bekerja, kita sangat membutuhkan konsentrasi penuh sehingga semua
pekerjaan dapat selesai pada waktunya dan tentu saja tanpa kesalahan.
Lalu, bagaimana caranya untuk meningkatkan produktivitas kerja Anda?
1. Tutup pintu
Ketika bekerja, ada baiknya Anda selalu menutup pintu ruang kerja. Kedengarannya sangat simpel, namun hal ini bisa dilakukan untuk membantu Anda berkonsentrasi. Dengan menutup pintu, Anda tak bisa melihat kondisi di luar ruangan seperti orang yang lalu lalang dan berbagai kegiatan di luar yang bisa membuat Anda tak fokus pada pekerjaan.
Ketika bekerja, ada baiknya Anda selalu menutup pintu ruang kerja. Kedengarannya sangat simpel, namun hal ini bisa dilakukan untuk membantu Anda berkonsentrasi. Dengan menutup pintu, Anda tak bisa melihat kondisi di luar ruangan seperti orang yang lalu lalang dan berbagai kegiatan di luar yang bisa membuat Anda tak fokus pada pekerjaan.
2. Batasi mengecek email
Email merupakan salah satu hal yang bisa mengganggu pekerjaan. Sebaiknya cek email maksimal dua kali dalam sehari, pada siang hari dan sore sebelum pulang. Jam-jam tersebut merupakan waktu yang paling tepat untuk menerima dan merespons semua email yang Anda kirim pada pagi hari.
Email merupakan salah satu hal yang bisa mengganggu pekerjaan. Sebaiknya cek email maksimal dua kali dalam sehari, pada siang hari dan sore sebelum pulang. Jam-jam tersebut merupakan waktu yang paling tepat untuk menerima dan merespons semua email yang Anda kirim pada pagi hari.
3. Sembunyikan ponsel
Saat bekerja, sebaiknya hindari untuk berada berdekatan dengan ponsel Anda. Ponsel yang dibiarkan tergeletak di meja kadang menggoda untuk digunakan mengakses berbagai aplikasi seperti SMS, facebook, twitter, sampai BlackBerry Messenger. Akibatnya, konsentrasi Anda terpecah, dan pekerjaan pun jadi tersendat.
Saat bekerja, sebaiknya hindari untuk berada berdekatan dengan ponsel Anda. Ponsel yang dibiarkan tergeletak di meja kadang menggoda untuk digunakan mengakses berbagai aplikasi seperti SMS, facebook, twitter, sampai BlackBerry Messenger. Akibatnya, konsentrasi Anda terpecah, dan pekerjaan pun jadi tersendat.
4. Jangan menonton TV
Beberapa kantor menempatkan televisi di ruang kerjanya. Untuk mempercepat penyelesaian pekerjaan, dan fokus dengan pekerjaan, hindari bekerja sembari menonton TV. Nyalakan TV ketika ada acara yang benar-benar perlu diamati, misalnya mengenai perkembangan bisnis atau informasi lain yang berguna bagi kemajuan perusahaan. Setelah itu, matikan. Hindari berhenti pada saluran yang sedang menayangkan sinetron atau infotainment. Tayangan yang membuat Anda kesal kadang-kadang justru membuat Anda mengamatinya lebih lama.
Beberapa kantor menempatkan televisi di ruang kerjanya. Untuk mempercepat penyelesaian pekerjaan, dan fokus dengan pekerjaan, hindari bekerja sembari menonton TV. Nyalakan TV ketika ada acara yang benar-benar perlu diamati, misalnya mengenai perkembangan bisnis atau informasi lain yang berguna bagi kemajuan perusahaan. Setelah itu, matikan. Hindari berhenti pada saluran yang sedang menayangkan sinetron atau infotainment. Tayangan yang membuat Anda kesal kadang-kadang justru membuat Anda mengamatinya lebih lama.
Sumber: yahoo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar